Random thoughts

I thought it'd be great, you know? have some time alone wrote down my thoughts..

leave a comment »


Simple tips to manage your money

Fellexandro Ruby

THE BASICS
Rumusnya selalu sama sedari dulu:

(1) Penghasilan – Tabungan = Pengeluaran
(2) Penghasilan – Pengeluaran = Tabungan

Di kategori manakah lo? Kelihatannya keduanya sama tapi perbedaan penempatan aja mempunyai implikasi yang banyak sekali berbeda.

Gua adalah tipe (1). Hal pertama yang gua lakukan ketika menerima gaji adalah mengurangi sebagian besarnya dalam bentuk tabungan dan instrumen investasi. Gua bisa melakukan ini karena gua sudah tahu pasti berapa pengeluaran gua per bulan untuk hidup. Hidup, ini berarti biaya transport kerja setiap hari dan makan setiap hari. Konsekuensinya, jatah makan gua setiap hari sudah ditakar dan tidak akan melebihi nominal tertentu. Gua tahu banget kalau hari ini melebihi budget harian, berarti esoknya gua harus makan sesuatu yang lebih murah. No compromise. Bahkan seringkali gua menolak lapar atau membawa bekal (kaya foto di atas) karena sehari sebelumnya udah makan yang mewah.

Kebalikannya adalah tipe (2). Ini gua yang dulu. Gua yang kalau…

View original post 589 more words

Written by iwritten

November 28, 2012 at 10:12 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

